Monday 24 April 2017

Mainan JADUL : Game Watch / GIMBOT


Ayo ngaku, kamu pasti pas SD suka nongkrong di depan sekolah sambil main game watch, sembari nungguin dijemput. Iya kan? Kalo gak mau ngaku juga gak apa-apa kok. Tapi yang jelas tulisan kali ini mau bernostalgia sama permainan digital yang populer di era 90an ini.
Game Watch atau Game & Watch adalah hand held electronic games buatan Nintendo yang diproduksi dari tahun 1985 sampe 1991. Buat yang agak bingung, Game Watch di Indonesia berubah namanya jadi Gimbot. Gak tau deh kenapa. Nah, biar lebih enaknya maka seterusnya Game Watch kita sebut sebagai Gimbot yak. Sampe sekarang Gimbot juga masih ada, tapi bentuk dan tampilannya udah mengalami perubahan dong tentunya. Kalau anak atau keponakan kamu suka mainin Gameboy atau PSP ya itu mereka tergolong dalam keluarga Gimbot.

Main Gimbot Biar Gak Pusing

Salah satu hiburan anak SD tahun 90an adalah bermain Gimbot. Gak, mereka gak punya Gimbotnya, karena harga masih relatif mahal saat itu. Trus gimana mereka mainnya? Saat istirahat atau pulang sekolah di abang-abang yang nyewain Gimbot. Ya, sedikit sama kayak rental PS jaman sekarang kali ya. Nah, abang-abang Gimbot ini biasanya bawa banyak banget Gimbot dengan macam permainan, tapi biasanya cuma permainan yang populer aja sih.
Dengan tarif sekitar 50 sampe 100 rupiah, anak-anak SD tahun 90an udah bisa memainkan Gimbot yang diikatkan tali. Yes, tali ini digunakan buat mencegah kalau gimbotnya dibawa kabur si anak, atau biar si abang gampang ngasih kode kalau waktu bermain si anak udah abis.

Permainan Gimbot Populer

Walaupun permainannya beragam, tapi tetep yang paling populer cuma beberapa aja. Berikut ini adalah permainan Gimbot yang paling populer di Indonesia
Western Bar
Permainannya simpel aja. Kamu tinggal tembak-tembakin piring yang dilempar di dalam bar. Kalau kamu kalah nanti jagoan kamu si koboi bakal nangis. Makanya game ini kadang disebut juga koboi cengeng.
Parachute

Cara mainnya cuma nyelametin penerjung payung. Kamu tinggal geser kanan atau kiri aja. Kalau meleset nanti si penerjun payung bakal dimakan hiu.
Donkey Kong
Permainan ini ada beberapa versi. Ada Donkey Kong, Donkey Kong 2, dan Donkey Kong Jr. Ketiganya punya perbedaan yang lumayan mencolok

Submarine Battle

Ini cara mainnya cuma ngebomin pesawat atau kapal laut yang ada di atas permukaan. Simpel banget deh pokoknya.
TETRIS

Tetris merupakan salah satu permainan yang populer dari konsol handheld. Permainan ini merupakan game yang mengasah otak dengan menyusun balok dan menghancurkannya. Kemenangan game ini hanya ada pada score tertinggi. Semakin tinggi poin, semakin cepat laju dari balok itu.

Previous Post
Next Post

2 comments:

  1. mantab gan...
    yang ingin nostalgia seputar hal jadul masa kecil
    cek chanel saya semua ada di sana.
    nama chanep : HAL JADUL

    https://m.youtube.com/channel/UCAIsfxdFx1x2TloAyAeYNjg

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, Kalau suka silahkan di share & Tinggalkan Komentar .. :)

Popular Posts