Monday 22 June 2015

Permainan Dampu


Pernah dengar permainan tradisional  bernama Dampu ? Yuk, kita lihat
Dampu dimainkan di sebidang tanah yang dibatasi dengan 2 buah garis. Garis START dan garis HANTAM. Jaraknya  3 – 5 meter. Alat yang diperlukan adalah benda pipih seperti batu bata atau pecahan genting.
Yuk, bermain dampu!
Pemain minimal 2 orang. Masing-masing mempunyai 2 buah benda pipih, misalnya batu bata. Satu buah batu bata diberdirikan di garis hantam. Satunya lagi dipegang.
Para pemain memulai permainan dengan berdiri di garis start menghadap garis hantam. Secara bersamaan mereka melemparkan batu bata yang dipegangnya.
Batu bata itu tidak boleh melewati atau mengenai garis Hantam. Pemain yang posisi jatuhnya batu paling jauh dari garis Hantam adalah pemain yang main duluan.
 Ia harus berjalan engkle melewati batu yang berada di garis Hantam lalu, kembali ke garis Start sambil mengambil batu miliknya.
Kalau berhasil, ia boleh melanjutkan ke babak berikutnya. Yaitu menjatuhkan batu yang berdiri di garis hatam dengan lemparan batu. Batu dilempar dari garis Start dengan menggunakan permukaan telapak kaki.
Babak berikutnya adalah melemparkan batu dari garis Star, tanpa melewati garis Hantam. Lalu dengan posisi berjongkok, pemain mengambil batu tersebut dan melemparkannya ke batu hantam.
Waktu melempar, posisi tangan berada di sela-sela lipatan lutut. Kalau berhasil menyelesaikan semua babak, pemain mendapat nilai 1. Kalau tidak berhasil, pemain berikutnya mendapat giliran jalan.
Pemenang permainan dampu  adalah pemain yang mendapat nilai terbanyak.

Previous Post
Next Post

4 comments:

  1. permainan dampu = petak gunung? kunjungan balik ya ke blog saya www.belajarbahasaasing.com

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung, Kalau suka silahkan di share & Tinggalkan Komentar .. :)

Popular Posts