Monday 22 June 2015

Permainan Congklak
















Salah satu permainan tertua di dunia, Congklak dapat ditelusuri jauh ke belakang Mesir kuno. Dibawa ke Indonesia, mungkin berabad-abad yang lalu oleh pedagang Arab atau India, saat itu sama populer di Indonesia saat ini seperti yang telah selama berabad-abad. Congklak dimainkan pada papan dengan lekukan melingkar di kedua sisi dan lekukan di rumah masing-masing ujung papan . Permainan ini dimainkan dengan 98 tanda-tanda kecil seperti kerang atau manik-manik, yang dibagi secara merata antara semua lekukan. Meskipun pada pandangan pertama permainan ini mirip seperti kalkilator, permainan ini cukup menantang dan butuh waktu berlatih yang lama untuk menjadi seorang yang ahli.



Nama congkak di berbagai daerah



Di Malaysia permainan ini lebih dikenal dengan nama congkak dan istilah ini juga dikenal di beberapa daerah di Sumatera dengan kebudayaan Melayu. Di Jawa, permainan ini lebih dikenal dengan nama congkak, dakon, dhakon atau dhakonan. Selain itu di Lampung permainan ini lebih dikenal dengan nama dentuman lamban sedangkan di Sulawesi permainan ini lebih dikenal dengan nama Mokaotan, Maggaleceng, Aggalacang dan Nogarata. Dalam bahasa Inggris, permainan ini disebut Mancala.

Petunjuk untuk Cara Bermain Congklak
Jumlah Pemain: 2

Yang Anda butuhkan: papan congklak dan 98 kerang kecil, biji atau batu (untuk sebuah papan yang memiliki 7 lubang di setiap sisi)
Obyek dari Game: untuk mendapatkan sebagai kerang sebanyak mungkin ke dalam tempat penyimpanan Anda. tempat penyimpanan Anda adalah lubang pada akhir papan di sebelah kiri Anda.

Untuk Win: Anda memenangkan permainan jika Anda memiliki cangkang yang lebih banyak di tempat penyimpanan (Menang jumlah biji) - atau - anda adalah pemain terakhir yang bijinya telah habis, di sisi dari papan anda (Jalan Menang).
Untuk Play - Putaran Pertama

Aturan bermain - Ronde pertama

Hitung 7 biji ke setiap lubang di sisi papan anda. Tinggalkan tempat penyimpanan Anda (pada akhirnya) kosong. (Jika papan Anda memiliki kurang / lebih dari 7 lubang di setiap sisi, isi setiap lubang dengan biji bermain dengan jumlah yang sama ke setiap lubang di sisi papan).

Memutuskan pemain yang berjalan terlebih dahulu.

Pemain pertama mengambil semua biji keluar dari setiap lubang di sisi mereka dari papan. Bergerak searah jarum jam keliling papan dan menjatuhkan satu biji ke dalam setiap lubang dalam upaya untuk mencapai tempat penyimpanan sendiri di akhir papan. Jangan jatuhkan shell ke tempat penyimpanan.

Bila lubang terakhir tempat anda menjatuhkan biji:

Ada biji di dalamnya - anda harus mengambil semua biji dari dalam lubang itu dan menempatkan mereka di tempat penyimpanan Anda dan meneruskan permainan papan seperti yang Anda lakukan di awal permainan.

Kosong - Tinggalkan biji anda di lubang tersebut dan akhirilah giliran anda. giliran anda telah habis, dan skarang adalah giliran lawan anda

Di tempat penyimpanan anda - Anda mendapat giliran sekali lagi. Ambil semua biji keluar dari lubang apapun di sisi Anda dari papan dan terus memutar searah jarum jam bergerak di sekitar papan.

Kosong+ di sisi anda+ anda telah mengitari papan setidaknya satukali. Ambil biji terakhir ini, dan semua biji dari lubang manapun dari lubang lawan yang brada tepat di seberang anda, dan letakkan semuanya di tempat penyimpanan anda, skarang adalah giliran lawan

Setelah giliran pemain pertama habis (Mati), mulailah giliran lawan dan bermain dengan cara yang sama.

putaran ini berakhir ketika seorang pemain kehabisan biji pada sisi dari papannya. Jika Anda kehabisan biji terlebih dahulu (kalah Jalan),lawan anda menang ronde tersebut (Menang Jalan). Pemenang putaran pertama berjalan terlebih dahulu pada ronde berikutnya.

Putaran Kedua

Ketika seorang pemain telah kehabisan Biji, kedua pemain mengambil semua biji mereka keluar dari tempat penyimpanan, juga sisa biji pada sisi papan mereka

tiap pemain menghitung kembali 7 biji ke setiap lubang di sisi papan mereka, dan memulai ronde tersebut dari lubang terdekat dari tempat penyimpanan. bila pemain mempunyai sisa setelah menaruh 7 biji ke dalam setiap lubang di sis mereka, berarti mereka menang biji, dan meletakkan biji yang lebih tersebut di tempat penyimpanan mereka

Karena kalah lawan tidak akan memiliki cukup biji untuk menempatkan 7 di setiap lubang, mereka harus "ngacang", memiliki beberapa lubang dengan biji kurang. Hal ini dilakukan dengan mengisi sebanyak mungkin lubang dengan 7 biji, dan membagi biji secara merata di antara sisa lubang di sisi mereka dari papan.lubang "ngacang" adalah lubang yang terletak di tempat terdekat dengan tempat penyimpanan lawan. Jumlah lubang "ngacang" akan tergantung pada jumlah biji yang tersisa setelah putaran sebelumnya bermain, tapi tidak boleh lebih dari 3 lubang. Beberapa lubang "ngacang" bahkan mungkin kosong jika Anda benar-benar kekurangan biji.

Lubang ngacang anda dilindungi terhadap lawan anda di ronde ini . Saat lawan berputar mengelilingi papan, mereka harus melewati lubang-lubang, tanpa menjatuhkan biji di dalamnya. pemain juga tidak bisa mengambil biji dari lubang - tapi Anda bisa menjatuhkan biji anda pada lubang anda sendiri. biji ngacang juga dilindungi dari "tembak" jika lawan berakhir di sebuah lubang kosong di seberang mereka.

Ini sangat penting, strategi sebagai pihak yang kalah, sebagai pemain yang setidaknya memiliki satu biji di lubang paling kanan dia selalu dapat melanjutkan Jalan di sisinya dari papan.

Dalam putaran kedua dan ronde selanjutnya, pemain yang memulai pertama adalah yang menang jalan di ronde sebelumnya

Akhir permainan

Permainan berlanjut dengan putaran berturut-turut sampai satu pemain kehilangan semua kerang mereka, atau kedua pemain ingin berhenti bermain, di mana waktu Anda akan menghitung biji untuk melihat siapa yang paling banyak, dan dengan demikian pemenangnya.

Sementara permainan ini cukup sederhana, strategi bermain dikembangkan dengan praktek dan keterampilan yang memungkinkan pemain untuk memaksimalkan peluang memiliki setidaknya satu biji tersisa dalam posisi untuk melakukan perjalanan dan untuk menciptakan kesempatan untuk panen biji lawan dalam sebuah tembak.

Pemain dengan bakat matematika memiliki keuntungan, karena aturan memungkinkan pemain untuk menentukan terlebih dahulu apakah dia akan menang atau kalah sebelum memilih genap atau ganjil bahkan nomor tumpukan potongan bermain.




Previous Post
Next Post

1 comment:

Terima kasih sudah berkunjung, Kalau suka silahkan di share & Tinggalkan Komentar .. :)

Popular Posts